Senin, 20 Mei 2013

Pengamatan Penggantian Tapal Kuda 2012

Pengamatan Penggantian Tapal Kuda

 Foto Orang

Identitas Orang Penapal Kuda
Nama    : Imam
Umur    : 37 tahun
Alamat    : Jalan Tojoyo, Singosari Malang

Foto Kuda

Identitas Kuda
Nama    : Zaenab
Umur    : 4 tahun
Jenis Kelamin : Betina
Jenis Kuda    : Kuda  Bima
Foto tapal kuda karet
Kuda yang kami amati termasuk kuda jinak. Kuda ini baru di dapatkan Pak Imam pada malam harinya sebelum kami kesana untuk mengamati penggantian tapal kuda. Kuda di dapatkan di bangil desa bujeng, Pasuruan. Kuda betina ini tidak begitu terawat pada pemilik sebelumnya, sehingga tapal kuda pertama terbuat dari karet ban. Tapal karet ban ini modifikasian pemilik sendiri. Kekurangan dari tapal karet yaitu dapat menyebabkan pembusukan kuku dan tidak ratanya lapisan permukaan kuku kuda.
FOTO pemasangan dan peakuan
Perlakuan pertama yaitu melepas tapal karet lama dengan cara menariknya dengan penarik paku. Paku ini bukan paku khusus tapal dan masuk ke dalam kuku (bukan ke samping) sehingga terjadi pembusukan kuku. Bau kuku kuda ini bau sekali karena terinfeksi bakteri. Setelah itu di lakukan pemotongan kuku. Pemotongan kuku ini ada batasnya. Batas hanya di kira-kira sendiri. Batasnya hingga warna putih terlihat sedikit hitam. Jika terlalu dalam maka kaki akan berdarah.
Ukuran tapal dan ukuran kaki harus sesuai ukuran (ukuran sama).
FOTO kikiran paku
Setelah itu di lakukan pemakuan tapal. Pemakuan ini di lakukan secara miring, sehingga terlihat keluar ke samping. Setelah itu paku di kikir rata agar tidak melukai kaki samping kuda itu sendiri. Jika paku itu melukai kakinya akan menyebabkan sutit(luka gores). Jumlah paku per tapal sekitar 4-5 buah paku. Setelah itu merapikan kuku samping sengan cara di kikir.
FOTO kikiran kuku
Pemasangan tapal jangan sampai goyang karena dapat mengganggu jalannya kuda itu sendiri. Cara pembuatan tapal ini yaitu di buat sendiri dengan cara pemanasan besi dan di tempa. Tapal dapat di beli sendiri jika tidak mau membuat. Pembelian tapal ada di surabaya sekitar 150-170rb untuk seekor kuda. Tapal ini buatan amerika, biasanya di gunakan untuk kuda balap. Kekurangan tapal kuda ini yaitu biaya kurang ekonomis karena kuda ini hanya di jadikan kuda dokar(alat transportasi). Penggantian tapal ini dilakukan hampir tiap bulan tergantung pemakaian.

Alat yang digunakan untuk mengganti tapal kuda yaitu pengot, badok, temuku, betel atau penunjel, paku khusus tapal, tapal besi, penarik paku, kikiran, palu.
FOTO ALAT-ALAT



Gambar kuku yang busuk dan bagian-bagiannya
Gambar tapal karet
Gambar setelah tapal besi di pasang
Gambar kita bersama kuda dan Pak Imam

Ketengangan lanjut tentang Pak Imam
Pak imam telah melakukan profesi ini sekitar 7 tahunan, ia mengikuti profesi ini dari orang tuanya . Kuda yang kami amati yaitu kuda yang biasa digunakan untuk andong/dokar atau alat transportasi. Tarif perorang sekitar 2500 sampai 3000rupiah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar