Senin, 20 Mei 2013

PROPOSAL USAHA PETERNAKAN BABI PRESTARTER

TUGAS MANAJEMEN TERNAK
PROPOSAL USAHA PETERNAKAN BABI PRESTARTER


OLEH:
Qur’aini Yanti            (115130100111002)
Ovilia Zabhita            (115130100111006)
Karina Grace             (115130100111008)
Veronika Julie            (115130100111020)
Dzunnuraini Syukr     (115130101111004)
Ni Made Artari Dewi  (115130101111006)
Nur Lailatul Mufida     (115130101111014)
Umi Ma’sumah            (115130101111016)
Nur Baety                   (115130107111010)



PROGRAM KEDOKTERAN HEWAN
UNIVERSITAS BRAWIJAYA
MALANG
2012

LATAR BELAKANG

Babi merupakan salah satu ternak penghasil daging selain ternak lain (seperti sapi, kerbau, domba, kambing, dan sebagainya). Tipe ternak babi yang dipelihara umumnya adalah tipe pedaging yang memiliki tujuan utama memenuhi kebutuhan konsumen akan daging babi tersebut. Daging babi memiliki beberapa kelebihan daripada daging lainnya, diantaranya adalah rasa yang lebih gurih dan empuk. Namun, daging babi jarang ditemukan di daerah yang umumnya beragama muslim karena tidak adanya konsumen daging babi tersebut, lain halnya pada daerah yang memiliki penduduk mayoritas nonmuslim seperti di Bali, Sumatra, Makassar, Sulawesi, dan lain-lain. Daging babi banyak dicari oleh konsumen baik untuk kebutuhan sehari-hari maupun untuk acara besar keagamaan. Saat ini Populasi babi di Indonesia sekitar 7,2 juta ekor.

Di pulau Jawa masih sedikit orang yang mendirikan peternakan babi, namun demikian permintaan akan daging babi lumayan banyak. Permintaan daging babi ini umumnya berasal dari masyarakat luar pulau Jawa sehingga beternak babi dapat menguntungkan dalam segi ekonomis. Beberapa keuntungan memelihara babi adalah perawatan yang tidak terlalu rumit dan karkas yang dihasilkan cukup besar yaitu 70-80% dari total berat keseluruhan. Hal yang harus diberi perhatian khusus pada babi yaitu suhu, pakan, luas kandang, dan kesehatan.

Minimnya usaha peternakan babi mengakibatkan kurangnya pemenuhan kebutuhan konsumsi protein hewani asal babi terutama saat menjelang perayaan hari raya keagamaan seperti Natal, Galungan, dan hari besar lainnya. Akibatnya, harga daging menjadi tidak stabil karena ketidakseimbangan antara populasi yang ada dengan jumlah permintaan pasar saat itu. Pendirian usaha ternak babi ini sekaligus dapat membantu program pemerintah untuk mengatasi masalah pengangguran.

Terpenuhinya kebutuhan daging sebagai bahan pangan bukan hanya sekedar untuk memenuhi kebutuhan biologis semata, tetapi terkait dengan  harkat dan martabat kemanusiaan kita dalam perspektif sosial. Lebih dari itu kebutuhan daging dan susu untuk memenuhi konsumsi protein hewani sangat terkait dengan kesehatan dan kecerdasan bangsa.

Kebutuhan daging domestik terus meningkat seiring dengan meningkatnya populasi dan kesadaran gizi masyarakat namun produksi daging dalam negeri belum memadai sehingga untuk memenuhi kebutuhan tersebut, tentu kita harus mengimpornya dari negara lain seperti Australia dan Selandia Baru.

Untuk mewujudkan suatu kesuksesan perusahaan diperlukan orang yang mahir dalam bidang kesehatan hewan (dokter hewan), rekan kerja (pasar), dan pembantu kesuksesan (tenaga-tenaga penjaga babi, satpam, warga-warga sekitar, petinggi desa, PLN, PDAM, dan lain-lain).

GAMBARAN UMUM PERUSAHAAN

A.    Judul Usaha :
 Nama dan alamat perusahaan
Nama peternakan     : PETERNAKAN BABI PRE STARTER
Jenis Organisasi        : PT yang melakukan usaha peternakan babi pre starter
Alamat peternakan    : Malang

Nama dan alamat pemilik
Nama pemilik        : FIFID
Email                     : Saguphritz@gmail.com


Nama dan alamat penanggung jawab yang bisa dihubungi sewaktu - waktu
Nama             : Yanti
Email              : Qurainiyanti@gmail.com


B.    Status Usaha :

Usaha yang akan kami jalankan adalah rintisan usaha baru

C.    Skala Usaha :

Usaha peternakan babi yang akan kami dirikan adalah jenis usaha berskala nasional yang hanya melakukan  pembibitan dan pemasaran babi. Alasan kami dalam memilih usaha peternakan babi ini didasarkan atas pertimbangan-pertimbangan sebagai berikut;

a.     Babi merupakan hewan prolifik, yaitu ternak yang mampu menghasilkan anak 12-14 ekor dalam sekali partus.
b.     Ternak babi adalah hewan monogastrik yang dapat mengkonsumsi makanan apa saja.
c.     Memiliki pasar sangat mendukung di wilayah-wilayah yang pada umumnya mayoritas nonmuslim.
d.     Pertumbuhannya cepat dibandingkan hewan ternak lainnya.

D.    Tujuan Usaha :

Tujuan dari didirikannya usaha peternakan babi prestarter ini adalah:

a.     Memperoleh penghasilan atau pendapatan.
b.     Menerapkan ilmu pengetahuan dalam bidang produksi peternakan yang pernah kami pelajari.
c.     Memenuhi kebutuhan protein hewani yang berkualitas, sehat, dan aman untuk dikonsumsi.
d.     Membantu pemerintah untuk memberantas pengangguran.
e.    Meningkatkan taraf hidup atau tingkat ekonomi masyarakat sekitar.
E.  Legalitas Usaha

Unit usaha peternakan babi memerlukan beberapa dokumen dari badan hukum yang akan digunakan sebagai bekal agar usaha yang dilaksanakan berjalan lancar di kemudian hari. Beberapa dokumen hukum (ditinjau dari aspek hukum) yang harus dimiliki adalah:

a.     Badan Hukum

Jika badan hukum yang didirikan berdasarkan perjanjian, melakukan kegiatan usaha dengan modal dasar yang seluruhnya terbagi dalam saham, maka badan hukumnya merupakan subyek hukum dan kekayaan yang terpisah (modal).

b.     Tanda Daftar Perusahaan dan Surat Ijin Usaha

Usaha peternakan babi memiliki ijin usaha dari dinas perindustrian dan perdagangan dan sudah terdaftar sebagai pelaku usaha pembibit, peternak, dan pemasaran produk prestarter. Sesuai dengan UU No. 3/1982 tentang Wajib Daftar Perusahaan, Perusahaan adalah setiap bentuk badan usaha yang menjalankan setiap usaha yang bersifat tetap dan terus menerus didirikan, bekerja, serta berkedudukan dalam wilayah negara Indonesia dengan tujuan memperoleh keuntungan atau laba.
.
c.     NPWP

Sebagai unit bisnis, diperlukan NPWP sebagai bukti aktivasi usaha yang telah didaftarkan ke Departemen Perpajakan setempat. NPWP merupakan nomor yang diberikan kepada wajib pajak sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas bagi wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

d.     Ijin Domisili dan IMB

Unit usaha peternakan babi ini akan didirikan di atas sebidang tanah demi kelancaran usaha oleh karena itu perlu diadakan perijian untuk pengeringan tanah artinya bahwa kami melakukan pengalihfungsian lahan yang semula untuk pertanian menjadi bangunan dan kandang sebagai tempat usaha. Selain itu juga kami melakukan perijinan kepada pemerintah daerah setempat untuk berdomisili karena nantinya setelah proyek berlangsung, beberapa karyawan kami akan kami tempatkan untuk tinggal dan menetap di peternakan tersebut.

e.     Bukti Diri

Bukti diri yang dimaksud adalah bukti mengenai kepemilikan usaha dan keterangan lain yang berhubungan dengan peternakan pembibit atau produksi babi prestarter seperti pakan, obat, dan lain-lain.

F.    Bagan organisasi




Bagan organisasi tersebut dibuat untuk memudahkan pemahaman susunan kepemimpinan organisasi dan dalam pembagian pekerjaan sesuai dengan divisi masing – masing sehingga yang bersangkutan dapat mengetahui apa tanggung jawabnya dan bagaimana ia akan bekerja.

a.    Kebutuhan Tenaga Kerja

Dalam menjalankan usaha peternakan babi ini, kami membutuhkan kurang lebih 30 tenaga kerja dengan rincian sebagai berikut ;
1 orang sebagai pimpinan, 4 orang sebagai manajer, 1 orang Kabag. Kesehatan (dokter hewan), 10 orang petugas kandang (min. lulusan SMA), 1 Kabag. pemasaran, 2 orang karyawan dibagian marketing (min. lulusan SMA), 3 orang supir, 2 orang Cleaning Service, 2 orang satpam, 2 orang petugas parkir, dan terakhir 2 orang tenaga serabutan.

b.    Tingkat Balas Jasa

Tingkat balas jasa berupa gaji, jenjang karir, training, bonus prestasi, dan bingkisan THR.

G.    Aspek Pemasaran

a.    Segmentasi
Segmen usaha peternakan babi prestarter ini adalah segmen menengah ke atas.
b.    Targeting
Target market kami adalah peternakan starter, grower, finisher, dan penggemukan.
c.    Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra perusahaan di benak konsumen sebagai peternakan bibit babi terbaik, nyaman, ramah, menjual bibit berkualitas dengan harga yang pas.

H.    Permintaan

a.    Perkembangan Permintaan Saat Ini
Dewasa ini, kalau kita cermati, permintaan akan daging babi semakin meningkat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya protein hewani sebagai penunjang kebutuhan nutrisi penting bagi tubuh. Terlebih dengan ditunjang oleh beragam cara yang mudah bagi masyarakat untuk mendapatkan sumber protein.
b.    Prospek permintaan di masa yang akan datang
Dengan membanjirnya berbagai macam produk makanan olahan daging yang serba instan di masyarakat akan menyebabkan kondisi persaingan produk – produk yang berbahan kimia tersebut akan mengalami kejenuhan seiring dengan tingginya persaingan pada industri tersebut.
F.    Penawaran
a.    Perkembangan penawaran saat ini
Perkembangan penawaran di sektor usaha peternakan babi pada saat ini memang relative masih biasa-biasa saja. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini belum dibidik dan dikelola secara serius. Oleh karena itu, agar usaha ini menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen.
b.    Prospek penawaran di masa yang akan datang
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha penjualan bibit babi pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan bagi bagi penjual maupun pembeli dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi. Oleh karena itu, bagi pelaku usaha di sektor ini harus mampu melakukan penawaran yang inovatif untuk menarik pangsa pasar.



TINJAUAN TEKNIS
Rencana Pengembangan
a.    Evaluasi lokasi Lokasi yang akan kami pilih untuk mendirikan bangunan sebagai tempat usaha peternakan babi pre starter adalah di Jalan ¬¬¬¬¬¬_________, kecamatan Meniwen, kabupaten Malang. Daerah tersebut memiliki suhu yang cocok dengan kebutuhan babi yang tergolong ternak homeoterm dan juga di dukung oleh kondisi sosial kemasyarakatan setempat.
b.     Sarana dan prasarana
• Sarana yang akan kami gunakan untuk menunjang kegiatan usaha kami adalah dengan menmanfatkan : mobil pick up pengangkut pakan, AC, Troli, Toilet, Meja Kursi, ruang meeting, Tempat parkir, kendaraan, truk, pos satpam gerbang depan dan belakang, mess untuk pekerja yang tidak berdomisili, gudang pakan, dll.
• Sedangkan untuk prasarananya kami menggunakan lahan seluas 2 Ha sebagai kandang dan sarana pendukung kegiatan .

c.    Tenaga ahli dan tenaga biasa 
Tenaga ahli yang kami pekerjakan untuk menunjang kelancaran usaha peternakan babi kami adalah tenaga ahli dokter hewan, pemasaran, keuangan, produksi dan sdm serta teknisi sarana dan prasarana pendukung usaha. Sedangkan untuk tenaga biasa yang kami gunakan adalah petugas kebersihan kandang, dan tenaga srabutan / kurir termasuk didalamnya sopir.




Time Job

No.    Jabatan    Waktu
1.    Manajer                                          07.00-15.00
2.    Kabag kesehatan (dokter hewan)    07.00-12.00 (sabtu - minggu)
3.    Petugas kandang                             06.30-15.00
4.    Kabag pemasaran                           07.00-15.00
5    Karyawan marketing                        07.00-15.00
6.    Supir                                              06.30-15.00
7.    Cleaning servis                                06.00-15.30
8.    Satpam    Shift                                06.00-17.00
                       Shift                               17.00-06.00
9.    Petugas parkir                                06.30-17.00
10.    Tenaga serabutan                         06.30-selesai

Job description
No.    Jabatan    Job description

1.    Manajer
 •  Memimpin dan mengendalikan semua kegiatan
•   Membina semua pegawai
•   Mengawasi semua kegiatan yanga ada
•   Memberikan arahan kepada pegawai

2.    Kabag Kesehatan (dokter hewan)
 •   Mengecek kesehatan babi
•   Mengecek jumlah babi produktif
•   Memberi obat dan vitamin untuk babi

3.    Petugas kandang (3orang)
  •   Memberi pakan hijaun
•   Memberi pakan konsentrat
•   Memandikan babi

4.    Petugas kandang (3orang) 
•   Membersihkan kandang
•   Menyiapkan alat-alat yang diperlukan
•   Memberi pakan

5.    Petugas kandang (2orang)
  •   Bertanggung jawab atas kotoran babi

6.    Petugas kandang (2orang)
 •   Bertanggung jawab atas keamanan babi

7.    Kabag Pemasaran
 •   Mencari pasar penjualan hasil ternak
•   Mempromosikan hasil ternak
•   Membuat relasi dagang dengan klien

8.    Karyawan Marketing (3 orang) 
•   Membantu kerja kepala pemasaran
•   Mencari tahu tentang market dagang

9.    Sopir (3 orang ) 
•  Mengendalikan kendaraan untuk setor penjualan hasil ternak dan Pogram Pemasaran, serta mengantar produk pesanan klien.

10    Cleaning servis
•   Membersihkan kantor
•   Menyiapkan peralatan kantor

11.    Satpam (2 orang)
•   Mengamankan dan menjaga peternakan

12.    Petugas Parkir
•  Menjaga kendaraan dalam parkiran kantor dan peternakan

13.    Tenaga serabutan  (2 orang ) 
•   Membantu petugas kandang, jika diperlukan

Analisis SWOT
Strength    Weakness
•   Mempunyai babi yang sehat
•   Mempunyai babi yang gemuk
•   Harga yang terjangkau
 •   Susah mendapatkan pakan hijauan
•   Susah mencari pegawai
Opportunity    Treat
•   Masih sedikit yang menggeluti usaha ini
•   Tempat yang strategis 
•   Kerusakan alat-alat
•   Adanya pencurian

d.    Bahan – bahan utama 
Bahan utama yang digunakan dalam menjalankan usaha peternakan babi antara lain : berbagai macam jenis indukan yang sering diminta pasar dengan kualitas yang baik dan pejantan yang berkualitas.

e.    Bangunan dan tata letak bangunan
Berkaitan dengan bangunan dan tata letak bangunan, kandang peternakan babi akan didirikan di atas tanah seluas 2 Ha dimana luas tanah untuk mendirikan bangunan kandang 1,5 Ha, dan 0,5 Ha untuk jalan, tempat istirahat pekerja, dan bangunan pendukung lainnya. Untuk luas bangunan kandang adalah 1,5 Ha dengan masing - masing kandang pejantan dan betina tidak bunting, kandang kawin, kandang betina bunting, dan menyusui. Bentuk bangunan berupa kandang terbuka ( ranch ) dengan tempat berteduh. Tata letak bangunan antara lain bangunan utama sebagai kandang, tempat meeting dengan tamu, tempat istirahat karyawan, toilet, tempat parkir kendaraan karyawan, pos satpam.


TINJAUAN EKONOMIS
A. Kebutuhan Dana Investasi
a. Investasi harga tetap Investasi ini mencapai Rp 1.000.000.000,-
b. Biaya pra operasi
Biaya pra operasi mencapai Rp. 1.100.000.000,- yang digunakan untuk proses pembelian tanah dan mendirikan bangunan.
c. Modal kerja
Modal kerja digunakan untuk membiayai seluruh aktiva lancar yang mencapai Rp 305.000.000,-
Total kebutuhan dana Investasi = Rp 2,3M
B. Rencana Pembelanjaan dan Sumber Dana
a. Modal sendiri
Modal sendiri Rp 11.070.800.000,-
b. Pinjaman bank
Pinjaman dari bank Rp 3.000.000.000,-
VII.            ASPEK KEUANGAN DAN PERMODALAN
a.    Gaji / upah tenaga kerja
-    Ka.Bag pemasaran & manajer @ 1 orang.
Gaji perbulan    : Rp. 3.500.000
Tenaga kerja    : 2 orang
1 tahun         : 12 x Rp.7.000.000= Rp.84.000.000

-    Ka Bag. Kesehatan (1 orang)
Gaji perbulan     : Rp. 5.000.000
1 tahun        : 12 x Rp. 5.000.000 = Rp.60.000.000

-    Gaji sopir, cleaning service, dan satpam,
Gaji per-bulan        : Rp. 500.000
Tenaga kerja        : 4 orang
1 tahun            : 12 bulan x Rp.500.000 x 4 = Rp. 24.000.000

Gaji  karyawan pemasaran :
Gaji per-bulan        : Rp. 1.500.000
Tenaga kerja        : 3 orang
1 tahun            :12 bulan x 3 x Rp. 1.500.000 = Rp.54.000.000

-    Gaji petugas kandang    
Gaji per-bulan        : Rp.1.000.000
Tenaga kerja        : 10 orang
1 tahun            : 12 bulan x 10 x Rp.1.000.000 = Rp.120.000.000

-    Gaji petugas parkir dan karyawan serabutan
Gaji perbulan        : Rp.300.000
Tenaga kerja        : 3 orang
1 tahun            : 12 bulan x 3 x Rp.300.000 = Rp.10.800.000

b.  Penyusutan kandang dan peralatan
-    Penyusutan kandang
Penyusutan per-bulan                      : Rp. 200.000
Sehingga penyusutan kandang dalam 1 tahun     : Rp.200.000 x  12 = Rp. 2. 400.000
-    Penyusutan peralatan
Penyusutan per-bulan                    : Rp. 100.000
Sehingga penyusutan peralatan dalam 1 tahun     : Rp.100.000 x 12 = Rp. 1.200.000
c.   Pembelian babi indukan
Harga 1 babi indukan dengan berat 110-120kg    = Rp. 1.920.000
(asumsi 1 induk babi 5m2, dengan 1,5 Ha (15000m2 maka jumlah babi 3000 ekor)
Harga 3000 ekor babi                    = Rp. 1.920.000 x 3000
= Rp. 5.760.000.000
c.    Pakan konsentrat
Pakan konsentrat selama 1 bulan = 18.000kg dengan harga Rp. 180.000.000
Pakan konsentrat selama 1 tahun= 216.000kg dengan harga Rp. 2.160.000.000
e.   Pakan hijauan
Pakan hijauan selama 1 bulan = 540.000kg dengan harga Rp. 378.000.000
Pakan hijauan selama 1 tahun = 6.480.000kg dengan harga Rp. 4.536.000.000
f.   Transportasi
Transportasi selama 1 bulan    = Rp. 9.000.000
transportasi selama 1 tahun    = Rp 108.000.000

g.  Biaya-biaya lain
Biaya-biaya lain selama 1 bulan    = Rp. 100.000
Biaya-biaya lain selama 1 tahun    = Rp. 1.200.000
h.   Obat-obatan
Obat-obatan selama 1 bulan    = Rp. 4.100.000
Obat-obatan selama 1 tahun    = Rp. 49.200.000
i.   Pembuatan kandang-kandang
Biaya pembuatan kandang    = Rp. 100.000.000
    Total semua modal setiap periode putaran untuk 1 tahun = Rp. 13.070.800.000

VIII.  Proyeksi Laba Rugi
No.    INVESTASI    JUMLAH (RP)
    Biaya tetap   
1.    Penyusutan kandang    2.400.000
2.    Penyusutan peralatan    1.200.000
3.    Gaji pegawai    352.800.000
Biaya variable/ produksi
1.    Pembuatan kandang    100.000.000
2.    Pembelian babi indukan     5.760.000.000
3.    Pakan konsentrat    2.160.000.000
4.    Pakan hijauan    4.536.000.000
5.    Obat-obatan    49.200.000
Biaya-biaya lain
1.    Biaya listrik & telepon    1.200.000
2.    Transportasi    108.000.000
Total biaya produksi    13.070.800.000
Pendapatan
1.    Penjualan piglet (1 jantan 8 betina, jadi dari 2625 yang masing-masing dengan litter size min.10 dan harga piglet Rp.500.000)
– per panen Rp.13.125.000.000
- untuk 1 tahun bisa beranak 2x, jadi pendapatannya    26.250.000.000
2.    Penjualan kotoran babi
1/3 dari pakan akan dikeluarkan sebagai feces. Total pakan perhari 18000kg + 6000.kg = 24.000 kg, jadi kotoran yang dihasilkan 8000kg/hari. Sehingga dalam 1 tahun ada 2.880.000kg. jika per-kg kotoran dijual Rp.200 maka akan didapatkan sebanyak Rp.576.000.000    576.000.000
Total pendapatan per tahun    26.826.000.000
Proyeksi laba (keuntungan) dalam 1 tahun    13.755.200.000












ASPEK EKONOMI DAN SOSIAL

A. Penambahan Devisa
Adanya investasi di dalam usaha Peternakan Babi Pre Starter membawa dampak terhadap devisa negara Indonesia melalui pajak Perdagangan. Pendapatan pemerintah meningkat melalui pajak penghasilan yang harus dibayarakan oleh Perusahaan Babi Pre Starter ini.

B. Penyerapan tenaga kerja
Usaha Peternakan ini memberikan kontribusi terhadap penyerapan tenaga kerja sebanyak 30 orang dan memperkecil angka pengangguran di masyarakat.

C. Dampak terhadap lingkungan masyarakat
a. Adanya peningkatan ekonomi masyarakat khususnya para karyawan.
b. Adanya lowongan lapangan pekerjaan baru
c. Peningkatan gizi masyarakat melalui konsumsi buah berkualitas

D. Dampak terhadap industri lain
a. Bagi usaha yang sejenis tentunya akan berdampak pada meningkatnya persaingan.
b. Bagi peternak lain akan berupaya untuk meningkatkan kualitas produksinya.



KESIMPULAN

Dari hasil analisis beberapa faktor, ternyata usaha peternakan babi khususnya breeder mampu memberikan hasil yang baik dan dapat dikatakan layak untuk dijalankan. Terlebih ketika ada dukungan dari beberapa kebijakan pemerintah yang mengarah pada pemanfaatan sektor peternakan untuk mewujudkan swasembada daging, dan kesadaran masyarakat akan pentingnya mengkonsumsi protein hewani yang dapat meningkatkan kecerdasan, serta tingkat persaingan yang belum terlalu komptetitif, maka kondisi tersebut memberikan peluang yang baik untuk dibidik dijadikan peluang usaha. Peluang tersebut memberikan rasa optimis untuk menjalankan usaha ini

Dari proposal yang kami ajukan, kami buat untuk memajukan peternakan di Indonesia. Serta untuk memudahkan masyarakat memndapatkan daging babi.
Sekian pengajuan proposal ini. Segala hal yang bersangkutan dengan usaha kami dapat anda tanyakan melalui
Email     : saguphritz@gmail.com    atau    Qurainiyanti@gmail.com
                    Malang, 27 Desember 2012
                    Mengetahui , Pemilik



                                FIFID

7 komentar:

  1. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya tertarik. Bagaimana caranya?

      Hapus
    2. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

      Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

      Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

      Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

      Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

      Hapus
  2. JANGAN LEWATKAN PROMO MENARIK DARI KAMI

    HUBUNGI KONTAK Kami
    BBM : D8E23B5C
    WHAT APPS : +85581569708
    LINE : togelpelangi
    WE CHAT : togelpelangi
    LIVE CHAT 24 JAM : WWW-ANGKAPELANGI-NET

    Ayo coba keberuntungan anda
    jutaan rupiah menunggu anda

    BalasHapus
  3. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  4. PENAWARAN PINJAMAN YANG MENDAFTAR BERLAKU SEKARANG.


    Pencari Pinjaman yang Terhormat,


    Salam dari PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.


    Kami adalah Pemberi Pinjaman pinjaman bersertifikat yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman. Kami memberikan pinjaman untuk proyek, bisnis, pajak, Hutang, tagihan, dan banyak alasan lainnya. Kami beroperasi dengan tingkat bunga 2%. Masih ada banyak keuntungan dengan mendapatkan pinjaman dari perusahaan ini, jadi Apakah Anda memerlukan pinjaman? Apakah Anda berhutang? Apakah Anda ingin memulai bisnis dan membutuhkan modal? Apakah Anda memerlukan pinjaman atau dana untuk alasan apa pun? Bantuan Anda akhirnya ada di sini, karena kami memberikan pinjaman kepada semua orang dengan tingkat bunga yang lebih murah dan terjangkau hanya 2%, jika berminat silakan hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman Anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Perbaikan rumah

    * Pinjaman Inventor

    * Kredit Mobil

    * Pinjaman Konsolidasi Utang

    * Jalur Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Bisnis

    *Pinjaman pribadi

    * Pinjaman Internasional.


    Kami bersertifikat, dapat dipercaya, dapat diandalkan, efisien, Cepat dan dinamis. Jika Anda tertarik, silakan hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berhasil,

    PERUSAHAAN PINJAMAN REBACCA.

    BalasHapus
  5. TAWARAN PINJAMAN URGENT APLIKAT SEKARANG.


    Peminjam Pinjaman yang dihormati,


    Salam dari REBACCA ALMAL LOAN SYARIKAT.


    Kami disahkan Peminjam pinjaman yang menawarkan pinjaman kepada orang-orang yang memerlukan pinjaman. Kami memberi pinjaman untuk projek, perniagaan, cukai, hutang, bil, dan banyak sebab lain. Kami beroperasi pada kadar faedah 2%. Ada lebih banyak untuk mendapatkan pinjaman daripada syarikat ini, jadi Adakah anda memerlukan pinjaman? Adakah anda dalam hutang? Adakah anda ingin memulakan perniagaan dan memerlukan modal? Adakah anda memerlukan pinjaman atau pembiayaan untuk apa-apa sebab? Bantuan anda akhirnya di sini, kerana kami memberi pinjaman kepada semua orang dengan kadar faedah yang murah dan berpatutan hanya 2%, jika berminat hubungi kami hari ini di: (rebaccaalmaloancompany@gmail.com) dan dapatkan pinjaman anda hari ini.


    kami memberikan yang berikut;

    *Pembaikan rumah

    * Pinjaman Pencipta

    * Pinjaman Kereta

    * Pinjaman Penyatuan Hutang

    * Talian Kredit

    * Pinjaman Kedua

    * Pinjaman Perniagaan

    * Pinjaman Peribadi

    * Pinjaman Antarabangsa.


    Kami bersertifikat, boleh dipercayai, boleh dipercayai, cekap, pantas dan dinamik. Jika anda berminat sila hubungi kami melalui WhatsApp Number +14052595662


    Semoga berjaya,

    SYARIKAT PINJAMAN REBACCA ALMAL.

    BalasHapus